Gara-Gara Dosen : kutemukan sampai kepada penciptamu

Kamis, 21 Juni 2012
Apakah kalian pernah menginginkan sesuatu yang langka hingga rela menuju ke tempat yang jauh.?...


Kejadian ini berawal dari perintah dosenku untuk me-review sebuah novel berjudul Balada 13 Pembantu Rumah Tangga. Sebenarnya novel ini bukanlah tipe novel yang sulit dicari. Novel ini baru terbit kurang lebih setahun sebelum tugas ini diturunkan. Novel ini juga terbitan dalam negeri. Tetapi entah mengapa sulit ditemukan.
Entah sudah beberapa toko buku kecil sampai besar di sekitar Jatinangor--Bandung kudatangi, dan saat kutanyai tentang novel yang satu ini, jawaban mereka bermacam-macam, tetapi intinya satu. This book isn’t available. Aku lelah dan tentunya kecewa. Akhirnya kuputuskan untuk menghentikan pencarian di dunia nyata. Sekarang kuberalih ku dunia maya. Kucoba berbagai kata kunci yang pas untuk menemukan pencarian di paman Google. Usahaku kali ini mulai menemui titik terang, identitas buku ini telah kudapatkan. Memang buku ini bukanlah buku sekelas Twilight, Harry Potter, sehingga dalam waktu kurang dari setahun saja sudah tidak dipajang di etalase toko-toko buku besar.
                Klik sana klik sini, berharap menemukan versi digital dari buku ini, dan.... yeay.... kutemukan link download Balada Pembantu Rumah Tangga.pdf. adrenalinku meningkat sehingga detak jantungku pun semakin cepat. File sudah berhasil di download, kubuka filenya.... dan.... yaa saudara-saudara... penulis kembali dirundung kecewa. Ternyata file ini hanya sampel dari novel tersebut, jadi ya bukan versi lengkapnya, hanya satu bab. Bagaimana aku bisa mereview.??
Selama beberapa hari aku terus mencoba melakukan pencarian di dunia maya berharap ada yang menjual buku ini versi second hand alias ex-kolpri alias bekas, tapi tak kunjung kutemukan. Satu-satunya yang masih menjual novel ini adalah si penulis novel ini, kutemukan nomer kontak ia di blog pribadinya. Aku mengirim SMS kepadanya untuk menanyakan perihal buku tersebut dan sukurlah ternyata masih tersedia. Ia bisa mengirim bukunya lewat jasa pengiriman jika aku mau, tetapi aku berpikir, kalau dikirim lewat jasa pengiriman pasti akan memerlukan waktu dan tentunya plus biaya tambahan. aku memutuskan untuk berpikir lagi mengenai pembelian buku itu lewat jasa pengiriman. Yaa setidaknya aku tahu dimana aku bisa mendapatkan buku itu.
Rezeki memang ga kemana ya. Beberapa hari kemudian temanku meminta aku untuk menemaninya pergi ke Jakarta. Otakku secepat kilat menerima permintaannya, karena setali tiga uang, dengan menemaninya ke Jakarta aku bisa sekalian mengunjungi rumahku di Bekasi. Udah lama ga pulang, kangen mama coooyy... trus selain itu aku bisa mencari novel itu di Jakarta, atau mungkin juga bisa mendatangi rumah penulisnya, karena ia berkata bahwa ia berdomisili di Jakarta. Dan yang paling penting dapet tebengan gratis, cihuuuy,,, ya temanku memang berniat membawa mobil untuk pergi ke sana....

0 komentar:

Posting Komentar