Seribu Cerita di Jatinangor

Senin, 16 Mei 2016
 Jatinangor adalah kawasan pendidikan di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Sumedang. Jatinangor mendapat julukan kawasan pendidikan bukannya tanpa alasan, di kawasan ini terdapat beberapa perguruan tinggi ternama di negeri ini, di antaranya Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN), dan baru beberapa tahun terrakhir ini Institut Teknologi Bandung (ITB) juga membuka kampusnya di Jatinangor, dimana lahan tempat didirikannya adalah lahan bekas Kampus Universitas Winaya Mukti (UNWIM).

Pernah kuliah di Jatinangor? Jika iya, selamat Anda adalah salah seorang yang beruntung. Mengapa? selain terdapat berbagai kampus besar, Jatinangor dikelilingi oleh alam yang sangat indah, hawanya sejuk, jauh dari kebisingan kota dan terdapat pula beberapa bangunan kuno yang bernilai sejarah. Saya penah kuliah di Jatinangor selama kurang lebih 4,5 tahun. Bagi saya Jatinangor lebih dari sekadar tempat kuliah, saya sudah menganggap Jatinangor sebagai rumah, bahkan setelah dinyatakan lulus oleh kampus saya masih menetap disini, setidaknya sampai saya mendapat pekerjaan, dan tulisan ini pun dibuat di Jatinangor.


Biaya hidup di Jatinangor tidak semahal di kota besar, misalnya Bandung atau Jakarta. Saya berani bilang kalau disini biaya hidupnya jauh lebih murah, bisa buktikan sendiri. Biaya tempat tinggal juga murah, saat ini saya tinggal di kamar ukuran 4 X 4 meter, dengan fasilitas dapur bersama, tempat parkir dll. dan biaya yang saya keluarkan per bulannya hanya Rp 360.000 sudah termasuk air dan listrik. Sebelumnya saya juga pernah menempati kamar indekost yang hanya Rp. 4000.000 pertahunnya.  Tapi ya tentu saja tidak semuanya murah disini, Anda juga bisa menemukan tempat makan dengan harga makanan yang cukup mahal dan tepat tinggal yang cukup mahal pula disini, jika Anda sanggup dan mau membayarnya.

Jika Anda membaca tulisan ini dan pernah berkuliah di kampus lain terutama di Jawa tengah atau Jawa Timur mungkin Anda mempunyai referensi daerah dekat kampus yang memiliki harga yang lebih murah lagi, Namun mengenai keindahan alamnya, saya berani bertaruh jika kawasan kampus yang berada di Jatinangor mempunyai pemandangan yang paling indah, setidaknya jika dibandingkan dengan kampus-kampus yang ada di Pulau Jawa. (Pada tahun 2014 saya berkeliling Pulau Jawa untuk mengunjungi beberapa kampus terkenal di Pulau Jawa, dan dari sini lah saya berani mengambil kesimpulan pernyataan di atas)

Selama hampir 5 tahun saya berada disini, saya sudah ke beberapa tempat unik dan menarik yang ada di Jatinangor, ya memang Jatinangor tidaklah luas, namun menyimpan beberapa tempat menarik yang "tersembunyi" saya menyebutnya begitu karena beberapa tempat menarik disini seolah tersembunyi atau seolah tidak terpikirkan untuk mengunjunginya. di tulisan-tulisan saya berikutnya mengenai Jatinangor saya akan menulis tentang beberapa tempat unik dan menarik yang seolah "tersembunyi".

ini beberapa pengalaman seru yang sudah saya tuangkan kedalam tulisan, silakan dibaca, dan tentunya setelah ini ada beberapa lagi yang akan saya buat.:

http://dikamazeltov.blogspot.co.id/2012/12/keheningan-jatinangor.html

http://dikamazeltov.blogspot.co.id/2014/11/kumiko.html

http://dikamazeltov.blogspot.co.id/2015/08/dokumentasi-budaya-reak-sumedang-desa.html

http://dikamazeltov.blogspot.co.id/2012/07/kisah-bisu-menara-loji.html




0 komentar:

Posting Komentar